Dengan boomingnya toko online ketika ini, para pecinta online shopping sangat rentan dan beresiko pula terkena masalah penipuan secara online. Disamping mengelola online shop (4gamershop.com), gw secara pribadi juga suka berbelanja online, dari mulai pakaian sampe part motor, namun belum pernah sih kena masalah penipuan. Tapi gw mau bagi pengalaman selama kurang lebih 3 thn jadi seller, gimana cara mengatasin bila agan/sista ada yang terlanjur ketipu. Tips ini gw buat menurut pengalaman gw yg pernah kena masalah yang menyebutkan gw ialah seller penipu, sampai" atm di blokir hampir sebulan, dan rumah gw didatengin kepala cabang bank bersangkutan buat di investigasi. Untungny sebab semua bukti transaksi barang yg gw kirim masih ada semua, gw dapat menangin masalah ini, dan pihak pelapor ga brani masukin masalah ke kepolisian :D
Jadi, ga pake lama, ini tips buat yang udah terlanjur ketipu, alias kirim duit tapi barang yang didapet jauh dari keinginan (bile ipad dikirimin kerikil bata, beli apple dikirimin apel 1 kg, dll), atau malah yang punya rekening kabur.
1. Udah transfer banyak tp barang ga hingga sempurna waktu, coba deh call sellernya, dapat jadi ada keterlambatan si seller waktu ngirim atau dari cuilan ekspedisinya yang aga ngaret, yang penting jangan nge judge beliau penipu jikalau belum ada bukti kuat. Note : Wajib simpen semua bukti chat, sms, dll, antara agan/sista dan seller mulai awal sampe akhir
2. Udah berminggu - minggu, barang ga sampe, atau barang sampe tapi isinya ga jelas, no hp seller ga aktif, itu bukti yang cukup besar lengan berkuasa jikalau si seller penipu. Terus harus ngapain? Jawabannya laporin ke polisi. Tapi bukan laporan" yang buat masuk pengadilan (gw bukan org aturan ga tau namanya), mintanya surat laporan untuk pemblokiran rekening orang yg dilaporkan. Untuk biaya manajemen minta surat pemblokiran ga mahal kok (tapi semua bs diluar dugaan, kaya ga tau indonesia :D). Intinya jikalau udah dapet surat pemblokiran, disinilah kartu AS agan/sista.
3. Laporan pemblokiran diserahkan pada pihak bank. Nah, sesudah itu pihak bank akan melaksanakan pemblokiran terhadap rekening si pelaku. Terus ngapain? ya tinggal nunggu dan mengikuti arahan yang di berikan pihak bank. Kalo dari masalah dulu, abis rek di blokir, pihak bank akan menyidik kebenaran data dari nasabah (seller). Kalau data nasabah valid, pihak bank akan meminta laporan kronologi insiden dari kedua belah pihak. Dan pihak bank akan memperlihatkan data seller (alamat,no hp, dll) kepada kita semoga kedua belah pihak dapat menuntaskan secara damain. Note : tersangka ga akan dapat ngasih no hp palsu ketika pihak bank meminta no hp nya yang valid.
4. Yaudah tinggal telfon deh, sms, atau bbm juga boleh. Gw nyaranin lewat sms/bbm, soalnya sms dan bbm kan dapat diambil screenshootnya sebagai barang bukti penguat posisi agan/sista. Sms si seller minta klarifikasi jikalau beliau bersi keras katanya sudah kirim atau gimana, minta nomor resi barang terus cek ke cuilan ekspedisi, jikalau no resi yang dikasih ngawur, ini nilai + bagi agan/sista buat laporan nantinya. Intinya pinter"lah nego sama si seller gadungan, jikalau perlu kirim semua bukti ke email beliau dan ancem masukin laporan ke kepolisian (kalopun masuk beneran kan si penipu ga bakal menang). Nah kalo si penipu udah terintimidasi dan menentukan jalan damai, problem selesai. Tapi kalo ga mau jalan damai? lari ke langkah no 5.
5. Pihak bank biasanya memblokir rekening nasabah kurang lebih hanya 1 ahad (kebijakan tiap bank dapat berbeda"). Jika dalam 1 ahad si pelapor/kalian tidak meminta perpanjangan blokir maka rekening si penipu akan di bebaskan. Kaprikornus mintalah perpanjangan blokir, dengan menyertakan bukti" lain (yang didapet waktu minta jalan damai). Tinggal nunggu apakah si penipu betah (kebanyakan orang akan berpikir bahwa masalah itu serius apabila sampe insiden rekening di blokir, dan pihak bank mendatangi rumah pelaku, tapi emang kasusnya serius sih hahaha), sambil tiap hari sms nakut"in sampe si pelaku ga nyenyak hidupnya.
6. Senjata ke 5 ga mempan ada 2 opsi disini, laporin ke polis dengan bukti yang kalian punya (awas, bukti harus cukup kuat, laporan ke polisi juga ga main - main, kalo ternyata bukti kurang kuat, kalian dapat kena tuntutan balik "pencemaran nama baik"), itupun jg gw saranin kalo emang tertipunya udah dalam nominal besar, kalo ketipunya cuman 1 - 2 juta, kayanya yang ada agan/sista bakal kena manajemen ini itu yang bikin rugi ga balik modal. Opsi ke 2, ya eksklusif datengin rumahnya (kan udah dikasih alamat sama pihak bank). Kalo mungkin ga sampe mendaki gunung lewati lembah, menyebrang laut, dapat dicoba sih lgsung datengin alamatnya (itung juga pengeluaran, sebanding ga sama duit yang pelaku tipu). Kalau nominal duit yang diambil si pelaku kisaran 1 - 2 juta dan lokasi seller terlampau jauh mungkin dapat ikutin langkah ke 7. Langkah ke 7 ialah final decision, dan langkah yang niscaya berhasil.
7. Ikhlasin duit kalian. #ngakak dulu
Yah mau gimana lagi, dikejar juga rugi tenaga, rugi duit, dll. Cara halus ga mempan, cara garang juga merogoh kocek. Dan jadiin pelajaran buat lebih hati" dalam berbelanja online. Kalo mau belanja online usahain dari seller yang banyak testimoni, dan yang recommended seller.
Yang mau copas silahkan, tapi tolong dicantumin link sumbernya/penulisnya ya.
Oleh : Paul Pranata (Dhevon Skyhold)
Show EmoticonHide Emoticon